Penanganan Kerusakan Haul Road Menggunakan Metode Cement Treated Recycling Subbase (Studi Kasus Sta. 65+400 – 65+900 arah Tambang Paringin Lama)

Damar Septiawan

Abstract


Penggunaan material semen untuk diaplikasikan sebagai lapis pondasi perkerasan jalan, dikenal dengan campuran Cement Treated Recycling SubBase (CTRSB). Metode ini sudah cukup berkembang di Indonesia. Teknik ini, telah diaplikasikan pada beberapa proyek konstruksi dan rehabilitasi jalan. Metode ini dicoba diterapkan di haul road PT. Adaro Indonesia di lokasi Sta. 65+400 s.d 65+900 arah tambang Paringin Lama.  Desain penanganan dan analisa struktur perkerasan dilakukan dengan bantuan software Circly 5 dan mengikuti metode AUSTROADS. Metode ini memberikan penghematan sebesar 13,94% dibanding dengan metode konvensional. Data QC yang diperoleh masuk dalam Standar, yaitu untuk nilai modulus Young  lapis fondasi bawah rata-rata 5.429 kPa dari standar 2.500 kPa dan nilai CBR LPA rata-rata 203% lebih dari standar yaitu 100%.

Kata kunci: haul road, CTRB, modulus Young, CBR


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.20527/bpi.v2i1.34

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Buletin Profesi Insinyur



Indexed by:

   

 

Flag Counter 

 

 

 

Creative Commons License

Buletin Profesi Insinyur is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.