Evaluasi Sifat Mekanis Beton di Lapangan dengan Penerapan Metode Core Drilled Test dan Schmidt Hammer Test

Nursiah Chairunisa

Abstract


Penilaian dari beton dalam suatu konstruksi memegang peranan penting untuk mengetahui kekuatan, durabilitas dan kondisi suatu struktur yang  sedang dan atau telah di bangun. Evaluasi pengujian sifat beton dapat dilakukan dengan beberapa metode yaitu metode destruktif dan non destruktif. Dalam artikel ini, pengujian tidak merusak dengan menggunakan Schmidt hammer test bertujuan untuk indikasi awal penentuan keseragaman beton dan sebagai tolak ukur untuk melakukan pengujian merusak dengan core drilled test yang dilakukan untuk mengevaluasi sifat mekanis beton di Lapangan. Hasil evaluasi pada studi kasus dengan pengujian tidak merusak menunjukkan koefisien variasi beton melebihi angka 6% maka beton diindikasi memiliki tingkat keseragaman yang kurang baik sehingga diperlukan assessment pengujian merusak. Hasil evaluasi pengujian merusak dengan alat core-drilled menunjukkan bahwa kuat tekan beton inti yang diperoleh dari sampel beton inti (core drilled samples) untuk elemen struktur pile cap adalah rata-rata sebesar 21 MPa. Hasil pengujian merusak dengan core drill test untuk sampel beton inti tidak memenuhi persyaratan penerimaan sampel berdasarkan SNI 6680:2016 untuk target mutu 25 MPa.

Kata kunci: beton, kuat tekan beton, koefisien variasi  pengujian merusak (destructive test) pengujian tidak merusak (non-destructive test)


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.20527/bpi.v3i2.79

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Buletin Profesi Insinyur



Indexed by:

   

 

Flag Counter 

 

 

 

Creative Commons License

Buletin Profesi Insinyur is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.