Pengaruh Biaya Kontruksi Rumah Sederhana Murah Pada Industri Perumahan Terhadap Daya Beli Masyarakat Berpenghasilan Rendah

Karel Soekma Jaya A

Abstract


Dalam industri perumahan harga atau biaya kontruksi rumah sangat menentukan harga jual, karena hampir separuh komponen biaya perumahan disumbang oleh biaya kontruksi rumah. Hal ini juga berimbas pada kemampuan daya beli masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Paper ini focus membahas sejauh mana pengaruh biaya kontruksi rumah sederhana murah pada Industri perumahan terhadap daya beli MBR. Untuk mengukur pengaruh tersebut, digunakan analisis perbandingan biaya rumah sederhana murah dengan data standar harga rumah murah menggunakan ketentuan yang telah diatur oleh pemerintah. Empat sampel digunakan dalam menentukan prosentase biaya kontruksi rumah serta melakukan simulasi biaya kontruksi rumah sederhana murah tipe 36 berdasarkan Analisa harga satuan pekerjaan (AHSP) tahun 2018. Hasil analisis ini menunjukkan bahwa model rumah, pemilihan material, dan perubahan jenis pekerjaan sangat menentukan biaya kontruksi rumah, sehingga mempengaruhi daya beli MBR.

Kata kunci: MBR, AHSP, rumah sederhana, daya beli


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.20527/bpi.v3i2.68

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Buletin Profesi Insinyur



Indexed by:

   

 

Flag Counter 

 

 

 

Creative Commons License

Buletin Profesi Insinyur is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.