Analisa Perbaikan Tanah pada Jalan Tol Sumatera Utara Bagian Selatan Dengan Metode Preloading
Abstract
Paper ini fokus merencanakan perbaikan tanah jalan tol Sumatera Utara bagian Selatan dimana jalan dibangun atas tanah yang sangat lunak dan lapisan pasir lepas sehingga diperlukan perkuatan. Metode yang dipilih pada perencanaan ini adalah metode preloading. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan, yaitu memperhitungkan tinggi timbunan yang diperlukan dan tinggi timbunan final yang dikehendaki, membuat metode pelaksanaan pekerjaan untuk dapat mencapai elevasi final, dan melakukan analisis geoteknik untuk menghitung nilai angka keamanan. Dari hasil analisa didapatkan besar timbunan tanah yang diperlukan tanpa penambahan beban preloading adalah sebesar 3,825 m, sedangkan bila diberi tambahan berupa beban preloading tinggi timbunan menjadi 5,825 m. Nilai faktor keamanan rencana yang digunakan adalah 1,2 dengan tinggi kritis timbunan (Hsafe) adalah 3,57 m. Pemasangan geotekstil woven digunakan untuk memperkuat lereng. Berdasarkan analisa rancangan anggaran biaya untuk proyek perbaikan tanah pada jalan tol tersebut didapatkan total biaya sekitar Rp143.024.588.000,- (Seratus Empat Puluh Tiga Milyar Dua Puluh Empat Juta Lima Ratus Delapan Puluh Delapan Ribu Rupiah)
Kata kunci: jalan tol, perbaikan tanah, preloading, tinggi kritis
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.20527/bpi.v3i1.63
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Buletin Profesi Insinyur
Indexed by:
Buletin Profesi Insinyur is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.