Kajian Statistik Kontribusi Beban Lalu Lintas, Drainase Jalan, dan Kondisi Tanah Dasar terhadap Kerusakan Jalan di Kabupaten Tanah Laut
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya kerusakan di beberapa jalan yang berada di Kabupaten Tanah Laut. Analisis regresi linear berganda, dilakukan untuk mengetahui model pengaruh beban lalu lintas, drainase, dan kondisi tanah dasar pada kerusakan jalan di kabupaten Tanah Laut. Selanjutnya, dianalisis seberapa besar pengaruh faktor-faktor penyebab kerusakan tersebut terhadap tingkat kerusakan jalan. Berdasarkan hasil analisis regresi dengan uji Parsial (t-test), dapat diketahui bahwa hanya variabel kondisi tanah dasar yang memberikan pengaruh signifikan terhadap terjadinya kerusakan jalan di Tanah Laut. Akan tetapi, berdasarkan uji Simultan One-Way Anova (F-Test), dapat diketahui bahwa ketiga variabel independen, secara bersama-sama memberikan pengaruh yang seginifikan terhadap tingkat kerusakan jalan. Persentase kontribusi tertinggi berdasarkan nilai EC dan RC adalah kondisi tanah dasar dengan EC= 19%, dan RC=65,5%. Disusul oleh kontribusi beban lalu lintas dengan EC=8%, dan RC= 27,6%. Variabel dengan kontribusi paling kecil terhadap tingkat kerusakan jalan adalah kondisi drainase jalan, dengan EC= 2%, dan RC= 6,9%.
Kata kunci: kerusakan jalan, beban lalu lintas, drainase, kondisi tanah dasar
Full Text:
PDFReferences
Ariyanto, A., Rochmanto, D., & Nilamsari, M. (2021). Analisis kerusakan jalan menggunakan metode Bina Marga 1990 (Studi Kasus Jl. Jepara–Mlonggo, KM 3+000 s/d KM 5+000). Jurnal Disprotek, 12(1), 41–48. https://ejournal.unisnu.ac.id/JDPT/article/view/1765
Bollen, K. A. (1989). Confirmatory Factor Analysis. Book Chapter, In book: Structural Equations with Latent Variables,226–318. https://doi.org/10.1002/9781118619179.ch7
Fakhruriza Pradana, M. (2019). Mencari Penyebab Kerusakan Jalan Dengan Pendekatan Statistik. https://www.researchgate.net/publication/336720241
Hussain, S., Fangwei, Z., Siddiqi, A. F., Ali, Z., & Shabbir, M. S. (2018). Structural Equation Model for evaluating factors affecting quality of social infrastructure projects. Sustainability (Switzerland), 10(5), 1–25. https://doi.org/10.3390/su10051415
Priana, S. E. (2018). Analisa Faktor Penyebab Kerusakan Jalan (Studi Kasus Ruas Jalan Lingkar Utara Kota Padang Panjang). Rang Teknik Journal, 1(1). https://doi.org/10.31869/rtj.v1i1.609
Schumacker, R. E., & Lomax, R. G. (2010). Multiple Indicator-Multiple Indicator Cause, Mixture, and Multilevel Models. In A Beginner’s Guide to structural equation Modeling.
Sur, W. A. A., Machfiroh, I. S., & Nurmalina, R. (2021). Structural equation modeling on the post-flood regional public welfare in South Kalimantan. Journal of Physics: Conference Series, 2106(1), 012012. https://doi.org/10.1088/1742-6596/2106/1/012012
Ladja, G. M., Kuswara, K. M. & G.Tamelan, P., 2022. Analisis Kerusakan Jalan pada Jalan Desa Peibenga-Wolola Kecamatan Lepembus Kelisoke Kabupaten Ende. Jurnal Batakarang, 3(1), pp. 24-32.
Batua, P.A. H. & Rosyad, F., 2021. Analisis Kerusakan Jalan dengan Metode PCI (Pavement Condition Index) pada Ruas Jalan Betung-Sekayu KM 77-KM 82. Jurnal Bina Darma Conference on Engineering Science, 3(2), pp. 802-812.
Sur, W. A. A., Machfiroh, I. S. & Iskandar, R., 2023. Modeling The Influenced Factors of Remaining Operation Results Using Multiple Linear Regression. Varian, 7(1), pp. 27-36.
Zaid, M., SUlistyorini, R. & Ofrial, S.A.M.P., 2021. Analisis Tingkat Kerusakan Jalan dengan Menggunakan Metode Pavement Condition Index (PCI) (Studi Kasus Jalan P. Tirtayasa Bandar Lampung). Jurnal Rekayasa Sipil dan Desain (JRSDD), 9(2), pp. 201-212.
DOI: https://doi.org/10.20527/bpi.v7i1.239
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Buletin Profesi Insinyur is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.