Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) Pada Ruas Jalan Posing Kabupaten Murung Raya

BOBIE BOBIE

Abstract


Jalan Posing merupakan jalan baru hanya dilapisi Lapisan Pondasi Bawah (sub base course) dan subgrade yang berpori rentan tergenang air hujan sehingga beban kendaraan berat yang sering melewati jalan Posing mengakibatkan terciptanya kubangan lumpur kerusakan parah dan sampai terputusnya akses lalu lintas. Kasus tersebut mendorong Pemerintah Daerah untuk segera mengalokasikan anggaran pembiayaan Proyek “Peningkatan Jalan Posing†melalui perencanaan yang dilakukan berusaha untuk mengatasi dampak kerusakan yang terjadi pada jalan tersebut, yaitu dengan Perencanaan Jalan Beton (Rigid pavement). Dari hitungan yang telah dilakukan diperoleh lapisan perkerasan beton dengan tebal 250 mm dan penulangan tepi arah melintang sebesar D 8 – 100 mm serta penulangan untuk arah memanjang diperoleh sebesar D 8 – 100 mm.

Kata kunci : Kerusakan Jalan, Jalan Beton (Rigid Pavement), Penulangan Tepi, Sambungan Memanjang

Full Text:

PDF

References


American Association of State Highway and Transportation Officials (AASHTO).

Arthur Wignall, 1999, Proyek Jalan : Teori dan Praktek, Penerbit Erlangga. Jakarta.

Perencanaan perkerasan jalan beton semen Pd T-14-2003. Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah.

Spesifikasi Teknis Perencanaan Peningkatan Jalan Posing.




DOI: https://doi.org/10.20527/bpi.v1i2.20

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Buletin Profesi Insinyur



Indexed by:

   

 

Flag Counter 

 

 

 

Creative Commons License

Buletin Profesi Insinyur is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.