Review Desain Pada Pelaksanaan Pembangunan Pantai Asam Asam (Lanjutan) Pada SNVT Pelaksanaan Jaringan Sumber Air Balai wilayah Sungai Kalimantan II Propinsi Kalimantan Selatan

Ary Satrio

Abstract


Konstruksi pada Pantai Asam-Asam di desain untuk melindungi jalan raya dari abrasi air laut dengan cara membangun konstruksi semacam seawall secara bertahap pelaksanaannya. Sesuai  dengan fungsinya salah satunya dalam satu kelompok yaitu konstruksi yang di bangun di pantai dan sejajar garis pantai. Dari pengamatan pada pelaksanaan secara bertahap yang dilakukan mendapatkan hasil yang kurang mendekati sempurna untuk melindungi pantai terhadap kerusakan karena  serangan gelombang air laut dan arus, oleh karena itu dilakukan perubahan design yang telah di laksanakan oleh konsultan perencana, yang dirubah adalah material untuk konstruksi  seawall pada pantai Asam Asam.

Full Text:

PDF

References


Prof. Dr. Ir. H. Bambang Triadmojo, CES, DEA., Teknik Pantai, Edisi kedua (1999), Beta offset yogyakarta.

Pope, Joan, Responding to Coastal Erosion and Flooding Damagesâ€, Journal of Coastal Research, Vol. 13, Issue 3 (1997) : 704–710.

Triatmodjo, Bambang, 1996, Pelabuhan, Beta Offset, Yogyakarta.

Yuwono, Nur, Pedoman Teknis Perencanaan Tanggul atau tembok laut, Pusat Antar Universitas Ilmu Teknik Universitas Gadjah Mada (1998), Yogyakarta.

Aldin, M., M. Arsyad Thaha, Mukhsan Putra Hatta. Perencanaan alternatif bangunan pengaman pantai namrole Kabupaten Buru Selatan – Maluku.

Laporan Akhir, PT. Mistar Harumas Mitra, Pekerjaan SID Pengaman Pantai Jorong Tahun Anggaran 2010.

Surat Perjanjian (Kontrak) Pekerjaan : Pelaksanaan Paket Pekerjaan Konstruksi (Pemborongan) Pembangunan Pengaman Pantai Asam Asam (Lanjutan) (200m) Kontrak Nomor : HK.02.03/PJSA.KS-SP.1/007/2012.




DOI: https://doi.org/10.20527/bpi.v1i2.17

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Buletin Profesi Insinyur



Indexed by:

   

 

Flag Counter 

 

 

 

Creative Commons License

Buletin Profesi Insinyur is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.