Uji Eksperimental Pengaruh Kecepatan Aliran dan Tinggi Muka Air terhadap Stabilitas Model Fisik Sekat Kanal yang terbuat dari Material Beton

Aura Mayasti Hidayah Utami, Haiki Mart Yupi, Dwi Anung Nindito

Abstract


Sekat kanal adalah salah satu konstruksi yang berfungsi untuk mempertahankan tinggi muka air supaya kondisi lahan tetap terjaga kelembabannya, hal ini bertujuan agar dapat mencegah kebakaran pada lahan gambut yang diakibatkan adanya kekeringan lahan saat musim kemarau. Sekat kanal biasanya banyak dibangun pada saluran-saluran yang telah dibuka terutama pada lahan gambut. Studi ini mengamati pengaruh pola variasi tinggi muka air dan kecepatan aliran air yang bertujuan untuk mengetahui stabilitas dari sekat kanal yang terbuat dari bahan konstruksi beton, sehingga menghasilkan desain yang optimal. Studi ini menggunakan pemodelan distorsi yang dibentuk menyerupai sekat kanal di lapangan dengan skala horizontal 1:10 dan vertikal 1:5, akan diuji pada saluran. Hasil uji eksperimental menunjukkan bahwa kedalaman air di bagian hulu sekat kanal mempengaruhi besarnya nilai rembesan. Semakin bertambah kedalaman air di bagian hulu, seiring bertambahnya waktu maka semakin besar nilai rembesan yang terjadi. Selain itu juga ketinggian muka air di bagian hilir sekat mempengaruhi besar kecilnya nilai angka gerusan dengan bertambahnya ketinggian air di hilir maka angka gerusan akan semakin mengecil dan kecepatan aliran air mempengaruhi besarnya nilai gerusan, dengan meningkatnya kecepatan aliran dari arah hulu maka akan terjadi gerusan.

Kata kunci: kecepatan aliran, model distorsi, sekat kanal beton, stabilitas

Full Text:

PDF

References


Baru, F. H. R. H., & Nahan, A. R. (2018). Kajian Stabilitas Konstruksi Sekat Kanal Di Lahan Gambut Dengan Uji Model Fisik Hidraulik. Jurnal Perspektif Arsitektur, 13(1), 359–373.

Dohong, A., Cassiophea, L., Sutikno, S., Triadi, B.L., Wirada, F., Rengganis, P., & Sigalingging, L. (2017). Modul Pelatihan: Pembangunan Infrastruktur Pembasahan Gambut Sekat Kanal Berbasis Masyarakat, Badan Restorasi Gambut Republik Indonesia, Jakarta.

Jusi,U. (2016). Pengaruh Tinggi Muka Air Terhadap Stabilitas Bangunan Inlet. Jurnal Sainsteks STT, 4(1), 8-17.

Margaretha, N.Y., Kamiana, I.M., & Nindito, D.A. (2020). Studi Analisis Dimensi Dan Stabilitas Tubuh Bendungan Urugan Beringin Sila. Jurnal Teknika: Jurnal Teoritis Dan Terapan Bidang Keteknikan, 4(1), 81–89.

https://doi.org/10.52868/jt.v4i1.2651

Sholihah, S. M., Hoesain, I., Sulistyowati, T. (2019). Pengaruh Variasi Kedalaman Muka Air Terhadap Keruntuhan Pondasi pada Tanah Pasir Pantai dengan Perkuatan Anyaman Bambu. Jurnal Spektrum Sipil, 6(1). 69-77

Ricca, R.R.P., Rinaldi, R. & Fauzi, M. (2018) Model Fisik Canal Blocking Bentuk Tabung. Jurnal Online Mahasiswa, 4(1), 1-11. Universitas Riau.

Rustamaji, R. M., Sujana, I., Hardiansyah, G., Suparta, W., & Others. (2020). Preventing Climate Disasters In Peat Ecosystem Using Bio-Waste Materials For Canal Block Modules. Geographia Technica, 15, 123-132. https://orcid.org/0000-0002-6193-1867

Suryadiputra, I. N. N., Dohong, A., Roh, S. B. W., Muslihat, L., Lubis, I. R., Hasudungan, F., & Wibisono., I. T. C., (2005). Panduan Penyekatan Parit, Indonesia Programme: Wetlands International.

Triadmojo, Bambang., (1993). Hidrologi Terapan, Beta Offset, Yogyakarta.

Yupi, H. M., Inoue, T., Bathgate, J., & Putra, R. (2016). Concentrations, loads and yields of organic carbon from two tropical peat swamp forest streams in Riau province, Sumatra, Indonesia. Mires and Peat, 18(14),1–15. https://doi.org/10.19189/MaP.2015.OMB.181




DOI: https://doi.org/10.20527/bpi.v5i2.166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

   

 

Flag Counter 

 

 

 

Creative Commons License

Buletin Profesi Insinyur is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.