Penggunaan Lapisan CTRB Dalam Peningkatan Struktur Jalan Ruas Jalan Batas Kota Muara Teweh – Malawaken – Benangin – Lampeong – Batas Propinsi Kalimantan Timur

Antonius Evendri

Abstract


Perkerasan jalan merupakan salah bagian dari kontruksi jalan. Salah satu inovasi dalam penghematan biaya maka digunakan metode Cement Treated Recycling Base (CTRB) dalam pekerjaan lapisan pondasi jalan.  Ruas jalan Benangin-Lampeong-Batas Propinsi Kalimantan Timur merupakan jalan nasional trans Kalimantan sehingga perlu adanya peningkatan dan perhatian dalam perbaikan struktur jalan guna menunjang kelancaran transportasi lintas Kalimantan. Hasil Uji UCS CTRB sesuai DMF berturut-turut 26,40kg/cm², 30,90kg/cm², 35,49kg/cm² untuk kadar semen 5,5%, 7,5%, 9,5% dan Hasil Uji UCS CTRB sesuai JMF berturut-turut 19,27kg/cm², 23,12kg/cm², 27,91kg/cm², 32,81kg/cm² untuk kadar semen 5%, 6%, 7%, 8%.  Kadar semen yang digunakan untuk pekerjaan CTRB sebesar 7,5% sesuai hasil data DMF dan JMF dimana nilai Kuat Tekan Bebas (KTB) memenuhi standart 30 kg/cm² yang sesuai dengan speksifikasi khusus CTRB berdasarkan Standar Nasional Indonesia (SNI).


Full Text:

PDF

References


Muda. Anastasia H, Tinjauan Tekan Bebas dan Drying Shrinkage Cement Treated Recycling Base (CTRB) pada Rehabilitasi Jalan Boyolali – Kartosuro, Tesis (2009) : 1-4.

Kementrian Pekerjaan Umum, Pelaksanaan daur ulang perkerasan jalan dengan semen dicampuran ditempat (inplace), Pedoman Kontruksi dan Bangunan (2010): 1-15.

Basuki. Rachmad, Chomaedhi dan Wildan.M.A, Perencanaan Komposisi Daur Ulang Campuran Dingin Pada Perkerasan Lama Sebagai Alternatif Peningkatan Struktur Lapisan Pondasi Atas (Studi Kasus Jalan Pantai Utara) Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Prasarana Wilayah (ATPW (2012): C.100-C.101.




DOI: https://doi.org/10.20527/bpi.v1i2.14

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Buletin Profesi Insinyur



Indexed by:

   

 

Flag Counter 

 

 

 

Creative Commons License

Buletin Profesi Insinyur is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.